Kenapa Solo bukan Jogja ?

Dalam liburan semester 1 banyak sekolah – sekolah di Balikpapan mengadakan tour dan study banding ke Jawa dan Bali. banyak daerah yang dituju seperti Bali, Jakarta , Bogor,Bandung, Jogja dan Solo. Untuk kota yang paling belakang tadi belum banyak yang tahu terutama orang – orang di Balikpapan. Mereka hanya mengenal kota jogja saja karena di situ mereka kenal dari Universitasnya saja banyak lulusan ugm ke balikpapan begitu juga banyak orang tua di balikpapan banyak menyekolahkan anaknya ke ugm jadi mereka banyak tahu tentang Jogja. Padahal kota Solo atau yang terkenal denga Surakarta Hadiningrat punya banyak kesamaan yang sama dengan Jogja. Karena mereka sama-sama pewariis dari kerajaan jawa. Kenapa penulis membuat judul Solo bukan Jogja. Karena penulis melihat bahwa kota Solo adalah kota yang strategis untuk berwisata dan study banding. Pertama dari letaknya : Kota Solo bisa menjangkau ke Banyak tempat wisata Internasional contohnya Candi  Borobudur , Candi Prambanan  ( Umum biasanya menganggap obyek borobudur dan prambanan adalah obyek daerah Jogja ini Salah. ini adalah obyek wisata Jawa Tengah termasuk Solo ). Kemudian Moseum Fosil Sangiran ini hanya sekitar 16 Km dari Solo ini obyek wisata ukuran dunia.Yang kedua Kemacetan lalu lintas tidak terlalu parah jadi dalam 1 hari bisa banyak yang bisa dikunjungi contoh : Kampung Batik Laweayan, Dalem Kalitan, Moseum tertua di Indonesia ( Moseum Radyapustoko Sriwedari di sini ada mesin ketik pakai huruf jawa ) , Sebelahnya lagi Moseum Batik Danar Hadi di Dalem Wuryaningrat di Jln. Slamet Riadi , Monumen Pers,  Keratom Mangkunegaran , Pasar barang Antik Triwindu, Keraton Paku Buwono ( kalau di kraton Solo Pengunjung bisa masuk kedalam istana, sampai ke tempat pemandian putri keraton, tidak seperti di Jogja cuma depanya saja ) , Pasar Klewer ( pasar batik tradisional terkenal di Indonesia dengan harga yang sangat murah ! ) dan Pandawa Lima Water Sea ini adalah wahana air terbesar di Indonesia dengan cerita tokoh Pewayangan.Yang Ketiga Biaya penginapan di Solo masih murah dibandingkan dengan kota Jogja.


Yang Keempat Makanan di Solo merupakan surga berbagai jenis makanan dari yang traditional maupun yang modern pokonya dijamin kalau sudah mencicipi masakan atau makanan Solo, dijamin akan selalu mengulang terus dan biasanya  murah !.Yang kelima orang Solo ramah – ramah dan sopan dan yang tidak kalah menariknya putri solo cantik-cantik dan ramah.Bagaimana dengan anda apakah tertarik untuk datang ke Solo Bisa dibuktikan ! Pasti anda akan selalu punya kenangan yang manis dengan kota Solo.

Kesimpulannya : Solo lebih murah dari Jogja, dari Solo ke Jogja bisa ditempuh 1 jam, suasana solo lebih asri dan lebih tenang. Apalagi malam hari itu indahnya kota Solo.


About gurusmp5

suatu tempat yang baik untuk belajar dan mengajar
This entry was posted in Wisata. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s