TIK di Sekolah mau dibawa kemana ?

TIK dalam kurikulum pendidikan merupakan mata pelajaran yang relatif baru di dunia pendidikan Indonesia, Mata pelajaran ini masuk dalam kategori pada kurikulum 2004 atau yang dikenal dengan KBK, mata pelajaran ini sudah bagus untuk diterapkan disekolah baik tingkat dasar sampai atas, hal ini seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi yang semakin cepat dan sangat relavan digunakan sebagai sarana untuk menunjang dalam penyelenggaraan suatu pendidikan. Semua peralatan kantor berubah semua menggunakan computer, kemudian juga berkembangnya distribusi dataq yang tidak hanya menggunakan hardcopy (cetakan di kertas ) tapi juga menggunakan softcopy (berupa data digital ) ini sangat mempengaruhi kegiatan administrasi di segala bidang, kita tidak harus melihat data-data yang tercetak di kertas tapi kita bisa lihat data yang berbentuk digital lebih cepat dan akurat. Hal ini mempengaruhi dalam pengelolaan sekolah, administrasi , penyelenggaraan pembelajaran di sekolah. Banyak sekali sarana dan prasarana yang digunakan untuk memudahkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Siswa bisa lebih semangat dan mudah memahami pelajaran yang diberikan guru dengan menggunakan fasilitas multimedia, kemudian siswa juga bisa mencari bahan pelajaran di internet. Tetapi hal ini tidak mudah terjadi kalau dilingkungan sekolah kurang mendukung apalagi Kepala Sekolah yang Gaptek . ini tidak bisa termanfaatkan secara maksimal. Apalagi diperparah dengan guru yang yang menjadi koorditor computer bukan yang mengerti dalam dunia IT, mereka mau menjabat karena bidang ini bertebaran dengan dana yang banyak.

 

Untuk memudahkan sekolah dalam memanfaatkan IT jika Kepala Sekolah kurang paham betul masalah itu, mungkin akan lebih baik seorang kepala sekolah mengangkat seorang yang paham betul mengenai IT untuk menjadi penasihat, ataubahkan mengangkat wakil kepala sekolah untuk bidang IT, ini lebih bagus lagi asalkan jabatan ini dipegang oleh orang yang betul paham didunia IT, hal ini akan mempercepat perkembangang IT disekolah.

 

Dalam salah satu wawancara Menteri Pendidikan punya mimpi dan angan – angan bahwa setiap guru di Indonesai punya Laptop semua, kapan hal ini akan terwujud, tapi kita tidak lihat itunya tapi , tapi kita lihat bahwa bapak menteri punya peduli yang kaut untuk TIK semoga ini tetap berlanjut walaupun menteri berganti atau pejabat berganti. Kita selalu berharap perkembangan TIK disekolah bisa menjadi modal yang besar dalam memajukan IT di Indonesia.

About gurusmp5

suatu tempat yang baik untuk belajar dan mengajar
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s