Buku Bisa Lho Murah ?

Buku adalah suatu yang penting buat pelajar atau oarang orang yang suka belajar, Belajar untuk menambah kemampuan dalam meningkatkan potensi diri. Buku terkadang masalah yang sederhana tetapi terkadang menjadi masalah yang sulit bahkan menjadi sesuatu yang pelik. Pada masa lalu buku bisa dipakai atau diwariskan kepada adik – adiknya bahkan masih punya nilai untuk diperjualbelikan, yang kurang mampu bisa beli di toko / di warung buku bekas tapi sekarang hal itu sulit bahkan kita mencari buku di di toko buku yang besar buku itu tidak ada, karena buku pelajaran hanya tersedia di sekolah saja atau di koperasi sekolah, tempat ini yang sering dijadikan alat untuk mengaburkan aturan sekolah atau guru tidak boleh menjual buku. Tapi penulis tidak ingin mempermasalahkan itu karena kalau berhenti disitu malah rawan gugat dan banyak masalah !. biar orang yang lebih pintar atau pegawai Depdiknas bagian perbukuan.

Menyebut bagian Depdiknas bagian perbukuan bolehlah kita acungi jempol tapi ndak usah penuh nanti bisa besar kepala ! tapi membuat buku sekolah elektronik itu suatu terobosan yang baik, karena itu bisa melatih anak untuk membiasakan dengan pendidikan elerning. Belajar dengan menggunakan komputer ini suatu suasana yang lain bila belajar dengan buku, tapi tetap juga ada baik dan buruknya tapi kita ngambil baiknya sajalah biar dan tambah bingung jadi malah ndak ada yang diperbuat. Saya mencontohkan pangalaman kecil saya ketika saya perlihatkan BSE kepada anak saya, mereka sangat tertarik sekali tapi tidak pada teksnya tapi pada gambarnya nampak bagus dan jelas dan mereka bisa menampilkan gambar itu diperbesar dan diperkecil ( zoom ) jadi gambarnya bisa detail dan jelas semua, inilah kelebihan menggunakan komputer kalau dibuku gambarnya tetap saja dicetak kecil kalau di kertas bagus ya bagus ( tapi mahal ) kalau dikertas jelek gambar tidak begitu jelas, kemudian mereka juga bisa senang dapat kunci jawaban di soal, hal ini gak pernah diadapatkan dibukunya, atau mungkin buku sekolah di Balikpapan tidak ada seperti itu kalau ada biasanya diperuntukkan untuk guru saja dan juga di Balikpapan sulit untuk mendapatkan buku berkwalitas seperti itu kalau ada harganya tentu sangat mahal ( buku di Balikpapan hampir semua berasal dari Jawa ).

BSE ( buku sekolah elektronik ) yang bisa di download di internet, bisa juga diperjualbelikan tapi dengan ketentuan yang berlaku sesuai aturan. Ini adalah sesuatu yang baik jangan dijatuhkan kalau jatuh ya bisa jelek ibarat seperti gelas kalau jatuh bisa pesah dan jadi barang yang tak berguna. BSE bisa menjadi alternatif buku murah kalau pengguna buku ini punya komputer jadi bisa belajar dengan menggunakah kompuiter, kalau dicetak biayanya jadi mahal, saya contohkan ( ini di Kota Balikpapan) kalau download 1 buku kurang lebih ½ jam kalau di warnet berarti Rp.2.500 ( @5000/jam warnet ). Kalau dicetak di Balikpapan cetak 1 lembar Rp.1.000 kalau ada 200 halaman sudah berapa harga 1 buku. Oke kita tidak gunakan cara itu kita copy saja kita pinjam pada yang sudah punya buku BSE, contoh tadi 1 buku ada 200 lembar ( bahkan ada yang lebih ) kalau fotocopy di Balikpapan perlembar biayanya Rp. 200 jadi 1 buku tadi bisa berharga Rp 40.000 belum ongkos jilidnya dan hasilnya juga tidak bagus karena copian. Tapi kita tidak perlu berputus asa kalau kita ingin dukung program ini, kalau kita punya keinginan pasti akan banyak jalan keluarnya. Contohnya kami yang tergabung dalam mgmptik SMP/MTS Balikpapan punya ide akan mengumpulkan semua BSE tingkat SMP/MTs ke Dalan CD dan kalau ada dana akan kami distribusikan ke Sekolah-sekolah SMP/MTs di Balikpapan, supaya sekolah punya semua buku BSE sehingga bisa memberikan copian pada guru dan selanjutnya guru – guru memberikan copian kepada para siswa.. Ini nanti lebih memudahkan peyebaran di sekolah – sekolah dari pada mereka download sendiri – sendiri. Kalau bisa sekolah – sekolah di ruang perpustakaan menyediakan komputer sehingga anak – anak atau siswa bisa membuka BSE atau bisa juga di Lab. Komputer.  Dan ini juga bisa memberikan lahan kepada perusahaan – perusahan besar dan kecil untuk turut serta membantu program pendidikan. Dengan cara menyumbangkan buku-buku di sekolah di daerah masing – masing dengan mencetak dalam bentuk buku ( mereka bisa mencetak karena licensi buku sudah dibeli oleh Depdiknas dan buku untuk disumbangkan), biasanya di perusahaan ada komputernya bahkan punya mesin copy yang canggih yang bisa mengcopy ratusan lembar dalam 1 menit. Kalau perusahaan ini mau membantu perusahaan  kecil mungkin bantu 10 buku  atau lebih , sedangkan perusahaan besar bantu 100 atau lebih buku dalam setiap bulanya, saya kira dalam waktu yang tidak begitu lama sekolah akan mampu memberikan atau memijami buku pada tiap siswanya.  Ayo siapa yang akan memulai silahkan, Hidup adalah perbuatan berbuatlah untuk sesuatu yang baik , bermanfaat dan berguna seterusnya !


About gurusmp5

suatu tempat yang baik untuk belajar dan mengajar
This entry was posted in Tip Trik. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s