Perpustakaan Kota Balikpapan

Hari ini saya sempatkan pergi ke Perpustakaan Balikpapan, karena sudah lewat tanggal harus kembalianya. Biasanya saya berangkat sendiri,tapi untuk kali ini saya pergi bersama anak saya yang duduk di kelas 4 SD, karena dia libur sekolah, karena dipakai untuk USBN anak kelas 6 SD. Biasanya dia nitip saja. Tapi berhubung libur dia juga ingin ke Perpustakaan Kota Balikpapan.

Perpustakaan Kota Balikpapan bertempat di lingkungan pelajar yaitu di Gunung Pasir, Perpustakaan memiliki 5 lantai, dengan rincian Lantai 1 digunakan sebagai basement parkir kendaraan, lantai 2 digunakan untuk tempat terbuka yang dilengkapi dengan meja baca dan café , lantai 3 digunakan untuk ruang baca anak dan akan dilengkapi dengan ruang bermain, lantai 4 digunakan untuk pegawai dan ruang baca dewasa dan lantai 5 digunakan untuk ruang pertemuan dan diskusi berbagai acara. Perpustakaan ini menyediakan 50.000 buku untuk pelajar, mahasiswa,guru dan masyarakat umum.

Dengan adanya Perpustakaan ini sangat membantu sekali buat warga Balikpapan, karena harga – harga buku di Balikpapan lebih mahal dibandingkan di Jawa, dan juga tidak seperti di kota-kota di Jawa, di Balikpapan tidak ada yang menjual buku bekas yang layak pakai , jadi kalau di Balikpapan kalau beli buku ya buku Baru ndak ada yang bekas yang ada obral buku tapi itu masih juga mahal. Di Perpustkaan ini kita bisa pinjam secara gratis tidak dibebani biaya ( asal masuk member dulu ), jumlah pinjam maksimal 3 buku dalam kurun waktu 10 hari. Memang agak berat yang tidak biasa baca buku 10 hari bisa menghabiskan 3 buku. Tapi saya kira itu waktu yang ideal untuk umum.

Perpustakaan Balikpapan buka 5 hari kerja, Senin s/d Kamis, dari Jam 08.00 s/d 16.00 wita, dan Jum’at dari 08.00 sampai dengan 12.00 (seperti kegiatan Kantor Pemerintah ).Hari Sabtu , Minggu dan Tanggal merah Libur. Tiap hari pengunjung perpustakaan ini berkisar 20 s/d 50 orang. Ini berarti jumlah pengunjungnya masih kurang banyak, mudah –mudahan kedepan pengunjung semakin bertambah banyak, juga banyak kegiatan diskusi – diskusi yang bisa diadakan oleh peroustakaan ini. Sehingga akan menambah minat warga Balikpapan untuk gemar membaca.

Untuk menjadi member Perpustakaan Kota Balikpapan Syaratnya mudah, persyaratanya sebagai berikut :

About gurusmp5

suatu tempat yang baik untuk belajar dan mengajar
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s