Tamu Asal Jepang

Pada hari kamis 31 Oktober 2013 SMPN  5 Balikpapan mendapat kunjungan dari warga Jepang yang berasal dari Universitas Kitakyushu Jepang yang sedang menggelar penelitian study Comparative Student”s Department of Human Relationships.

Dalam penelitian yang bertujuan untuk pertukaran budaya antara budaya Jepang dan Indonesia ini dilakukan di beberapa sekolah di Kota Minyak, Salah satunya Sekolah favorit SMP yang bertempat di dekat Bandara internasional Sepinggan yaitu SMPN 5 Balikpapan.

Dalam Kunjungannya ke SMPN 5 Balikpapan para mahasiswa Kitakyushu berbaur dengan para siswa memberikan pelatihan seni melipat kertas (origami). Ada beberapa yang dibuat secara bersama-sama antara siswa-siswi SMPN5 Balikpapan dan para tamu dari Jepang

membuat lipatan kertas berupa burung dan katak.  mahasiswa Kitakyushu University didampingi  tim panitia BLH   ini mencari sekolah-sekolah yang berbau Adiwiyata, “Selain memperkenalkan dan bertukar budaya, para Mahasiswa dan tim panitia juga akan menilai dan mengamati apakah sekolah yang dikunjungi masuk dalam sekolah Adiwiyata,” Ucap tim dari BLH Balikpapan, Leli Kurnia.

Sekolah Adiwiyata yang dimaksud dengan sekolah bersih, nyaman, ideal dan menciptakan lingkungan hidup yang bagus. Setelah itu menurut Leli, dalam penilaian ini juga melihat beberapa siswa yang ada apakah meraka merasa nyaman, dan sudah menciptakan penghijauan? “Itu semua akan diteliti, jika tidak terdapat salah satu persyaratan yang ada sekolah tersebut harus memperbaikinya lagi,” imbuhLeli.

Penilaian tentang bina lingkungan hidup ini juga memperkenalkan permainan dari Jepang, permainan yang di sebut Kamizumo atau pertandingan sumo, merupakan salah satu permainan tradisonal jepang, permainan dari kertas yang digunting seperti orang-orangan sumo dan di berdirikan di satu tempat yang berbentuk kotak serta dimainkan dengan dua orang layaknya sumo.

Dalam permainan kamizumo ini kota yang ada di pukul dengan ibu jari bersamaan dengan musuhnya, serta bila salah seorang dari orang-orangan pada kertas sumo tersebut jatuh maka lawan satunya adalah pemenangnya, setelah itu pemenang pun melawan musuh yang baru, begitu seterusnya layaknya permainan pada sumo.

Kamizumo sendiri memperkenalkan bahwa pernainan ini merupakan permainan bina lingkungan, ramah pada lingkungan dan tidak memakan banyak biaya serta ramah pada lingkungan.  Semua siswa terlihat semangat dengan meneriakkan kata-kata ‘nikito’ yang berartikan semangat untuk pemainnya.

Diakhir kunjungan para tamu dari jepang dan Tim BLH dijamu dengan makanan khas Indonesia dan buah-buahan asal indonesia juga diiringi dari Tim Paduan suara dengan menyanyikan lagu – lagu yang berasal dari Jepang. Dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan sesi foto bersama.

About gurusmp5

suatu tempat yang baik untuk belajar dan mengajar
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s