Balikpapan Membaca 2015

BALIKPAPAN — Kantor Perpustakaan dan Arsip Balikpapan terus berupaya mendongkrak tingkat kunjungan ke perpustakaan kota, Jalan Pierre Tandean, Gunung Pasir. Salah satu program yang akan dilakukan adalah menjalin kerja sama dengan seluruh sekolah dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mewajibkan seluruh siswa dan pegawai memiliki kartu anggota dan jadwal berkunjung rutin.

“Kami akan menjemput bola dengan mendatangi semua sekolah dan SKPD untuk mendaftarkan mereka membuat kartu anggota,” ujar Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Balikpapan Hendrik, kemarin.
Menurut Hendrik, tingkat kunjungan ke perpustakaan kota terus meningkat. Dalam tiga bulan terakhir, sedikitnya 100 hingga 400 orang datang berkunjung. “Ini berkat hasil kerja sama kami dengan sejumlah PAUD dan TK untuk membuat jadwal kunjungan setiap hari. Karena itu kami ingin lanjutkan kerja sama dengan sekolah dan SKPD yang ada di Balikpapan,” lanjut dia.
Di sisi lain, lanjut dia, Kantor Arsip dan Perpustakaan juga terus meningkatkan jumlah sumber daya manusia agar dapat melayani para pengunjung. Selain itu, taman bacaan yang berada di belakang perpustakaan terus dilengkapi.
“Kami akan tambah gazebo, taman burung, dan permainan edukasi lainnya untuk melengkapi taman bacaan yang ada di belakang perpustakaan,” tambah dia.
Hendrik mengungkapkan, semua peningkatan fasilitas dan SDM ini untuk mendukung program Balikpapan Membaca 2015 yang telah dicanangkan pemerintah kota. “Program ini bukan lagi meningkatkan minat pembaca, tetapi membudayakan gemar membaca. Jadi ke depannya membaca itu bukan lagi dikatakan suatu minat, tapi sudah menjadi budaya warga Kota Balikpapan,” pungkasnya.
Bella, siswi SMP 1 Balikpapan yang berkunjung kemarin mengatakan, koleksi buku di perpustakaan cukup lengkap dan pelayanannya juga bagus. “Setiap ada waktu luang di sekolah saya biasa selalu berkunjung ke sini meminjam buku bareng teman-teman di sekolah” ujarnya.
Sementara, Meres, siswa SMA 6 Balikpapan, juga mengungkapkan bahwa perpustakaan menjadi tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas sekolah. “Biasanya kami mengerjakan PR di gazebo sini karena suasananya enak dan adem,” ucapnya.

About gurusmp5

suatu tempat yang baik untuk belajar dan mengajar
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s